Kamis, 18 Agustus 2011

Awal Adalah Kelanjutan Cerita Dari Yang Akhir

Awal adalah kelanjutan cerita dari yang akhir. Seperti halnya suatu pagi yang merupakan kelanjutan cerita pada malam hari atau suatu bulan yang barakhir di desember dan dimulai lagi saat januari, berputar. Dunia ini berputar, seperti kata orang terkadang manusia di atas dan terkadang sebalinya, namun dengan berputarnya dunia berarti dunia ini takan berhenti, terus menuerus tanpa batas, sampai pada akhirnya Si Empunya batas itu yang menghentikannya.

Dalam cerita ini tak ada yang akhir, karena selalu ada yang baru, dan yang baru. Tetapi mengapa kita menyebut kata “akhir.” Bukankah saat manusia meninggalkan dunia itu ia memasuki sesuatu yang baru, dan ketika dunia itu berakhir kita akan berpindah kepada dunia yang baru, ya awal merupakan kelanjutan dari yang akhir.

Saat manusia lahir, itu merupakan suatu awal dari berakhirnya manusia yang lain. lalu masa bayi itu berakhir yang merupakan awal ia menjadi anak-anak. Ia bersekolah dasar lalu berakhir dan memulai lagi kepada yang menengah dan begitu selanjutnya sampai ia berakhir dengan mati dan ada lagi manusia yang memulainya di dunia.

Pada saat seorang orang berumah tangga, ia mempunyai anak yang merupakan “penerus keturunan.” Saat orang tua itu meninggal, ia berharap anaknya bisa melanjutkan perjuanganya. Dan ketika seorang anak itu mempunyai anak lagi saat dewasa, ia mungkin akan bertindak seperti itu kepada anaknya.
Mungkin bisa dilihat dari perjuangan Indonesia. Saat belum merdeka, atau ketika indonesia dijajah oleh bangsa lain, rakyat indonesia berjuang agar Indonesia merdeka. Dan ketika masa penjajahan berakhir, maka di mulai suatu masa yang baru lagi yaitu masa kemerdekaan.

Bahkan ketika seorang kalah dalam meja judi. Ia mesti menyelesaikan kekalahanya itu, dan apabila ingin menang ia, harus memulai lagi dengan kekuatan yang baru, begitu sebaliknya, saat ia menang di meja judi, bisa saja masa kejayaanya berakhir dan masa kekalahannya dimulai. Dan bisa dibilang awal adalah kelanjutan dari yang akhir.

Jadi apa itu kata awal dan kata akhir. Dimana yang awal dan dimana yang akhir. Jadi yang awal itu bagaimana dan yang akhir itu bagaimana bila akhir itu kelanjutan dari yang awal. Seperti halnya pertanyaan apakah bebek dulu aatau telurnya dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar